Apa Itu Rasisme ? Pengertian dan Macam-Macam Tindakan Rasisme

  • Whatsapp
rasisme adalah

WislahRasisme Adalah : Apakah kamu termasuk orang yang menuduh seseorang melakukan perbuatan rasis?  Tetapi belum mengetahui konsep dari rasisme itu sendiri.

Atau kamu sebenarnya termasuk korban dari tindakan rasis yang tanpa disadari. Dengan kata lain, karena kamu tidak tahu apakah perbuatan atau sikap seseorang tersebut rasis.

Dua latar belakang singakat di atas, seakan mewajibkan kita untuk mengonsumsi informasi tentang rasisme secara menyeluruh.

Pengertian Rasisme Secara Bahasa

Rasisme berasal dari Bahasa Inggris yakni racism diambil dari kata race yang memiliki tiga makna yakni:

Pertama, adalah suatu pengelompokan populasi didasari pada kriteria genetik.

Kedua, kelas berdasarkan dari genotip-genotip.

Ketiga, yakni populasi yang dilihat secara genetis tidak sama dengan populasi lainnya (ras)

Baca Juga :   Teori Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Rasisme Menurut Para Ahli

Menurut Daniel Surya Andi Pratama , Rasisme Adalah suatu perilaku dari suatu kelomok tertentu yang ber anggapan bahwasannya kelompok mereka lebih tinggi atau superior dari pada kelompok lain. hal inilah yang mengakibatkan munculnya perilaku rasisme yang dikarenakan suatu rasa superior atas dirinya atau kelompoknya.

Menurut Samovar, Rasisme Adalah suatu kepercayaan terhadap superioritas yang diturunkan oleh ras tertentu. Dimana rasisme menolak kesetaraan manusia dengan menghubungkan kemampuan seseorang dalam suatu bidang dengan karakteristik, rasisme berkaitan dengan ras superior dimana seseorang memperlakukan kelompok lain secara buruk berdasarkan ras, warna kulit, agama, negara asal, nenek moyang dan orientasi seksual.

Menurut George M Fredickson, istilah rasisme digunakan untuk melukiskan permusuhan dan perasaan negatif suatu kelompok etnis atau masyarakat terhadap kelompok lain. Menurutnya rasisme juga diartikan sebagai suatu sistem kepercayaan atau doktrin tentang bagaimana bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menetukan suatau pencapaian budaya atau individu bahwasannya ras tertentu lebih superior sehingga memilki hak untuk mengatur yang lainnya.

Baca Juga :   Metode Eksperimental dan non-Eskperimental dalam Psikologi

Menurut Kencana,  rasisme berasal dari dominasi dan dasar pemikiran sosial tentang pembenaran untuk merendahkan serta melakukan perilaku kekerasan terhadap seseorang berdasarkan warna kulit.

Macam-Macam Tindakan Rasisme

Adapun prilaku atau tindakan dari rasisme adalah :

Prasangka Rasial

Prasangka adalah antipati berdasarkan generealisasi yang salah atau generalisasi yang tidak luwes, antipati itu dapat dirasakan atau dinyatakan. Antipati bisa langsung ditunjukan kepada kelompok atau invidu dari kelompok tertentu.

Stereotipe Berdasarkan Ras

Stereotip adalah keyakinan seseorang untuk menggeneralisasikan sifa-sifat tertentu yang cenderung negative tentang orang lain karena di pengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman bersama, keyakinan itu membuat orang untuk memperkirakan perbedaan antar kelompok yang mungkin terlalu tinggi atau terlalu rendah sebagai ciri khas individu atau kelompok sasaran.

Baca Juga :   Pengertian Pendidikan Inklusi Menurut Para Ahli

Diskriminasi Rasial

Diskriminasi rasial adalah memperlakukan seseorang secara tidak adil berdasarkan ras mereka. Diskriminasi rasial bisa muncul dari sikap sadar atau tidak sadar, yang menempatkan seseorang lebih rendah berdasarkan ras. Ada dua bentuk diskriminasi rasial: Diskriminasi rasial langsung dan tidak langsung.

Kekerasan Rasial

Kekerasaan adalah perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang menyebabkan cedera atau matinya orang lain atau menyebabkan kerusakan fisik atau barang orang lain. Berbagai bentuk kejadian digolongkan sebagai kekerasan (violence) dan kejahatan (criminality) karena terjadi pelanggaran hak-hak asasi orang lain yang sifatnya merugikan. Kekerasan rasial (racial harassment) adalah tindakan ancaman, intimidasi baik secara psikologis, sosial maupun fisik yang diarahkan kepada individu atau kelompok dari ras tertentu

Related posts