Pola Hidup Sehat : Pengertian dan Langkah-Langkah

  • Whatsapp
Pola Hidup Sehat : Pengertian dan Langkah-Langkah

Wislah.com: Adik-Adik Siswa sedang mencari bahan referensi tentang Pola Hidup Sehat. Disini tempatnya.

Pola Hidup Sehat adalah salah satu materi mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diajarkan di kelas VIII baik di tingkat SMP/MTS.

Mari kita simak referensi tentang: Pengertian Pola Hidup Sehat dan Langkah-langkah Pola Hidup Sehat.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari makanan, minuman, nutrisi yang dikonsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang tentu akan menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan dari segala hal yang dapat menjadi penyebab penyakit bagi tubuh kita.

Langkah-Langkah Pola Hidup Sehat

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan dijalani untuk mencapai pola hidup sehat, di antaranya adalah:

Mengkonsumsi Makanan Sehat, Minuman Sehat dan Gizi Seimbang

Konsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan adalah harus bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Untuk itu anda harus mengetahui tentang makanan yang dibutuhkan oleh tubuh misalnya sikap dan pola makan, makanan yang mengandung unsur-unsur zat yang dibutuhkan tubuh dan tidak mengandung bibit penyakit dan makanan yang mengandung zat-zat seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, air dengan takaran yang seimbang  umumnya, banyak yang belum memperhatikan masalah ini, bahkan banyak makanan yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan sangat diminati, seperti makanan yang mengandung pengawet, junkfood, makanan cepat saji/makanan instan.

Baca Juga :   Era Globalisasi : Pengertian, Dampak, Sikap dan Peran Aktif Indonesia

Minum yang sehat adalah air minum yang cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Air minum sehat juga berarti air minum yang bebas dari bibit penyakit dan racun. Memilih minuman memang tak lepas dari masalah selera, namun, sebaiknya kita tidak melupakan segi kesehatan. Kita perlu mengetahui unsur-unsur apa saja yang terdapat dalam suatu jenis minuman. Berikut ini ada beberapa syarat air yang bersih dan sehat:

  • Harus jernih tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa asin, manis, pahit, atau getir.
  • Tidak mengandung zat yang membahayakan kesehatan, seperti tembaga, seng, racun, dan alkohol.
  • Tidak mengandung benih-benih penyakit, misalnya, tifus, dan disentri.
  • Cukup mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh.

Gizi seimbang adalah susunan menu seimbang yang dapat memberikan:

  • Cukup kalori/energi, guna memenuhi pengeluaran energi setiap hari.
  • Cukup protein, guna memenuhi keperluan tubuh untuk pertumbuhan.
  • Cukup lemak, guna keperluan tubuh akan asam lemak tak jenuh dan untuk menggunakan vitamin-vitamin yang larut dalam lemak.
  • Cukup vitamin dan mineral. Misalnya hidangan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna, yang terdiri atas: (i) Makanan pokok (sumber hidrat arang). (ii) Lauk-pauk (sumber protein dan lemak). (iii) sayuran (vitamin dan mineral). (iv) buah-buahan (sumber vitamin). (v) susu (sumber protein, vitamin dan mineral).
Baca Juga :   Sejarah Pada Masa Islam di Indonesia : Kerajaan dan Tokoh

Berolahraga

Olahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan tetapi banyak yang mengabaikannya. Padahal olahraga merupakan sumber kesehatan bagi seluruh tubuh. Olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan tulang-tulang, meningkatkan HDL (kolesterol yang baik), mencegah kencing manis, menurunkan risiko kanker, mengurangi stress dan depresi, dan juga akan memberikan kebugaran.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup memberikan dampak bagi tubuh kita yang letih dan memberikan cukup waktu untuk mengembalikan tenaga yang telah dipakai.

Mengondisikan Udara yang Bersih

Bagi yang tinggal di kota besar sulit rasanya untuk bebas dari polusi. Walaupun demikian kita harus berusaha meminimalisir hal tersebut, setidaknya tidak menambah buruk kondisi udara. Hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara seperti menanam tanaman di pot di sekeliling rumah, dan menyisakan lahan untuk ditanami pohon walaupun lahan itu hanya cukup untuk satu pohon.

Mengondisikan Lingkungan yang Sehat

Baca Juga :   NAPZA : Pengertian, Macam, Penyalahgunaan dan Ketergantungan

Lingkungan tempat kita tinggal akan menentukan kondisi kesehatan penghuninya. Apabila lingkungan bersih maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Namun sebaliknya, apabila lingkungan kita tidak sehat maka kita akan mudah terserang berbagai penyakit. Untuk itu, kebersihan lingkungan sangat penting agar kita selalu terhindar dari penularan penyakit.

Optimis

Tidak ada sesuatu pun yang bisa menghalangi langkah seorang yang selalu optimis memandang hidup. Hambatan dan kegagalan bukanlah suatu halangan untuk terus maju, akan tetapi dianggap sebagai pelajaran untuk langkah berikutnya. Bahkan optimisme juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Ini erat kaitan imunisasi tubuh. Seorang yang optimis akan memandang hidup seperti alunan nada, naik turun mengikuti irama, selalu cerah dan sangat mudah tertawa. Sikap seperti inilah yang mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Pribadi yang Kuat

Pribadi yang kuat juga sangat erat kaitannya dengan kesehatan secara menyeluruh. Pribadi yang kuat berarti mampu mengendalikan keseluruhan aktifitas hidupnya. Ada dua komponen penting berkaitan dengan pengendalian diri. Pertama, pantang mengkonsumsi apapun yang bersifat merusak, seperti tembakau, alkohol, narkoba, makanan yang mengandung pengawet dan lain-lain. Kedua tidak berlebihan dalam menjalani pola hidup sehat.

Sumber: Buku Guru & Buku Siswa Penjaskes Kelas VIII SMP/MTS

Related posts