Jawaban Essay, pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang anda hadirkan dalam membuat keputusan?

Logo Guru Penggerak

Tulisan ini berisikan jawaban atas pertnyaan, “Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang anda hadirkan dalam membuat keputusan? informasi apa lagi yang anda gunakan untuk memperkuat keputusan anda?”

Dalam pengambilan keputusan, pertimbangan dan alternatif berperan penting. Pertimbangan mengacu pada berbagai hal yang harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan, sementara alternatif adalah berbagai pilihan atau solusi yang mungkin untuk mengatasi suatu masalah atau mencapai tujuan tertentu. Dalam konteks ini, kita akan membahas bagaimana seorang guru penggerak mempertimbangkan faktor-faktor ini dalam pengambilan keputusan dan bagaimana informasi digunakan untuk memperkuat keputusan tersebut.

Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang anda hadirkan dalam membuat keputusan? informasi apa lagi yang anda gunakan untuk memperkuat keputusan anda?"

Jawaban Essay


Sebagai seorang guru penggerak, saya dituntut untuk dapat membuat keputusan yang tepat dan bijak. Keputusan yang tepat dapat berdampak positif bagi siswa, guru, dan sekolah. Oleh karena itu, saya selalu berusaha untuk mempertimbangkan berbagai hal dengan cermat sebelum membuat keputusan.

Salah satu hal yang saya pertimbangkan dalam membuat keputusan adalah alternatif-alternatif yang tersedia. Saya akan mencoba untuk memikirkan berbagai solusi yang mungkin untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Setelah itu, saya akan mengevaluasi masing-masing alternatif berdasarkan kriteria yang telah saya tetapkan.

Dalam membuat keputusan, saya juga akan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti:

  • Kebutuhan siswa
    Ketika saya berhadapan dengan suatu masalah atau situasi yang memerlukan pengambilan keputusan, hal pertama yang saya pertimbangkan adalah kebutuhan siswa. Siswa adalah fokus utama dalam dunia pendidikan, dan keputusan yang saya buat harus mempertimbangkan bagaimana keputusan tersebut akan memengaruhi mereka. Saya berpikir tentang apa yang paling baik bagi siswa, apakah itu meningkatkan pembelajaran mereka, membantu mereka mengatasi masalah pribadi, atau menciptakan lingkungan yang lebih aman dan mendukung bagi mereka.
  • Ketersediaan sumber daya
    Sumber daya, seperti buku pelajaran, perangkat pembelajaran, atau anggaran sekolah, juga menjadi pertimbangan penting. Saya harus memastikan bahwa keputusan yang saya buat dapat diimplementasikan dengan sumber daya yang tersedia. Jika saya merencanakan sebuah program pembelajaran yang membutuhkan teknologi canggih, saya harus memastikan bahwa sekolah memiliki peralatan yang dibutuhkan. Sumber daya yang tersedia dapat membatasi atau memungkinkan pilihan saya.
  • Kondisi lingkungan
    Kondisi lingkungan, baik dalam konteks fisik maupun sosial, juga harus dipertimbangkan. Misalnya, jika sekolah saya berlokasi di daerah dengan iklim yang keras, saya harus mempertimbangkan bagaimana kondisi cuaca dapat memengaruhi keputusan saya, seperti apakah harus menutup sekolah pada hari-hari tertentu karena cuaca ekstrem. Selain itu, kondisi sosial di sekolah, seperti dinamika antara siswa, juga harus dipertimbangkan. Bagaimana keputusan saya akan memengaruhi hubungan antara siswa dan guru, atau antara siswa satu sama lain?
  • Kesesuaian dengan kebijakan
    Keputusan yang saya buat juga harus sejalan dengan kebijakan sekolah dan regulasi yang berlaku. Ini termasuk pedoman-pedoman tentang disiplin, keamanan, dan kurikulum. Saya harus memastikan bahwa keputusan saya tidak melanggar kebijakan yang ada. Misalnya, jika saya harus mengambil tindakan disiplin terhadap seorang siswa, saya harus memastikan bahwa tindakan tersebut sesuai dengan peraturan sekolah.
  • Nilai-nilai yang dianut
    Nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang saya anut juga memengaruhi pengambilan keputusan. Sebagai seorang pendidik, saya mungkin memiliki nilai-nilai seperti keadilan, kesetaraan, dan kepedulian terhadap siswa. Nilai-nilai ini akan membimbing keputusan saya. Misalnya, jika saya percaya pada keadilan, saya akan memastikan bahwa keputusan saya memperlakukan semua siswa dengan adil dan tidak mendiskriminasi.

Saya akan mencoba untuk membuat keputusan yang dapat memenuhi kebutuhan siswa, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, serta sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebijakan yang berlaku. Selain itu, saya juga akan mempertimbangkan nilai-nilai yang saya anut dalam membuat keputusan.


Berikut adalah contoh pertimbangan dan alternatif dalam pengambilan keputusan yang pernah saya lakukan:

Contoh 1
Saya menghadapi masalah dengan salah satu siswa saya yang sering berkelahi dengan teman-temannya. Saya mempertimbangkan berbagai alternatif solusi, seperti:

  • Menegur siswa tersebut secara langsung
  • Mengajak siswa tersebut berbicara secara pribadi
  • Menjadwalkan pertemuan dengan orang tua siswa tersebut
  • Menghubungi guru BK untuk membantu menangani masalah tersebut

Setelah mempertimbangkan berbagai faktor, saya memutuskan untuk menjadwalkan pertemuan dengan orang tua siswa tersebut. Saya percaya bahwa orang tua siswa tersebut dapat memberikan dukungan dan arahan yang lebih efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Keputusan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa melibatkan orang tua dalam mengatasi masalah siswa dapat menciptakan solusi yang lebih berkelanjutan dan memperkuat hubungan antara sekolah dan keluarga siswa.

Contoh 2
Saya mendapatkan informasi bahwa salah satu guru di sekolah saya akan pensiun. Saya harus membuat keputusan tentang siapa yang akan menggantikan posisi guru tersebut. Saya mempertimbangkan berbagai alternatif, seperti:

  • Menunjuk guru yang sudah berpengalaman
  • Menunjuk guru yang masih muda dan bersemangat
  • Mengadakan seleksi terbuka untuk mencari guru yang tepat

Setelah mempertimbangkan berbagai faktor, saya memutuskan untuk mengadakan seleksi terbuka. Saya percaya bahwa seleksi terbuka akan memberikan kesempatan yang lebih adil bagi semua guru untuk mendapatkan posisi tersebut. Keputusan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa melalui seleksi terbuka, kita dapat

menilai kualifikasi dan potensi semua kandidat secara adil, dan memilih guru yang paling cocok untuk mengisi posisi tersebut.

Dalam kedua contoh tersebut, saya berusaha untuk mempertimbangkan berbagai hal dengan cermat sebelum membuat keputusan. Saya juga berusaha untuk membuat keputusan yang dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

Selain pertimbangan dan alternatif, saya juga akan menggunakan informasi lain untuk memperkuat keputusan saya. Informasi tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti:

  • Data dan statistik
    Data dan statistik dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang situasi atau masalah yang sedang dihadapi. Misalnya, jika saya harus membuat keputusan tentang program pembelajaran yang efektif, saya akan mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa sebelumnya dan mengidentifikasi tren yang dapat membantu saya merancang program yang lebih efektif.
  • Penelitian dan studi
    Penelitian dan studi yang telah dilakukan oleh para ahli dalam bidang pendidikan juga dapat menjadi sumber informasi yang berharga. Saya akan mencari literatur terkait yang dapat memberikan wawasan tentang praktik terbaik dalam pendidikan. Misalnya, jika saya ingin meningkatkan metode pengajaran matematika, saya akan mencari penelitian terbaru tentang strategi pengajaran yang efektif dalam mata pelajaran tersebut.
  • Pakar dan ahli
    Konsultasi dengan pakar dan ahli dalam bidang tertentu dapat membantu saya mendapatkan pandangan yang lebih terperinci. Misalnya, jika saya menghadapi masalah perilaku tertentu dengan siswa, saya mungkin akan berbicara dengan seorang psikolog sekolah atau seorang konselor untuk mendapatkan pandangan mereka dan saran tentang cara mengatasi masalah tersebut.
  • Pengalaman pribadi
    Pengalaman pribadi juga dapat menjadi sumber informasi yang berharga. Pengalaman sebelumnya dalam situasi serupa dapat membantu saya memahami apa yang mungkin berhasil atau gagal. Saya akan mencari pengalaman yang relevan dalam karir saya dan menggunakan wawasan dari pengalaman tersebut dalam pengambilan keputusan.

Saya akan berusaha untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan akurat dari berbagai sumber ini untuk memperkuat keputusan saya. Dengan demikian, saya dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan bijak. Saya percaya bahwa pengambilan keputusan yang tepat adalah salah satu kunci untuk menjadi pemimpin yang efektif dalam dunia pendidikan.

Dalam penutup, penting untuk diingat bahwa pengambilan keputusan adalah proses yang kompleks dan harus didasarkan pada pertimbangan yang cermat dan informasi yang kuat. Sebagai seorang guru penggerak, saya akan terus belajar dan mengembangkan diri dalam hal pengambilan keputusan. Saya akan terus mencari peningkatan dalam kemampuan saya untuk membuat keputusan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa, serta kesuksesan sekolah secara keseluruhan.

Related posts