Pergaulan Sehat : Pergertian, Cara, Sikap dan Tanda

Pergaulan Sehat: Pergaulan, Sehat, Remaja, Cara, Sikap dan Tanda

Wislah.com : Pergaulan merupakan salah satu cara untuk berintraksi antara individu dengan individu lain, individu dengan kelompok. Pergaulan dibedakan menjadi pergaulan sehat dan pergaulan tidak sehat. Coba kamu perhatikan di lingkungan kita contoh pergaulan sehat misalnya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah, mengikuti kegiatan karang taruna dan lain-lain. Bagaimana cara dan sikap dalam pergaulan sehat?

Lihat ulasan tentang : Pengertian Pergaulan, Pengertian Sehat, Pengertian Remaja, Pergaulan Sehat pada Remaja, Cara Remaja Bergaul Secara Sehat, Sikap-Sikap dalam Pergaulan Remaja, dan Tanda-Tanda Pergaulan Sehat.

Pengertian Pergaulan

Pergaulan berasal dari kata gaul yang diartikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai hidup berteman (bersahabat).

Pergaulan adalah proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu lain, atau dapat juga antara individu dengan kelompok, yang artinya manusia sebagai makhluk sosial tak akan pernah lepas dari kebersamaan dengan manusia lain.

Baca Juga : pergaulan tidak sehat

Pengertian Sehat Secara Bahasa

Sehat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai baik seluruh badan atau bagian-bagiannya (bebas dari sakit). Sehat adalah suatu kondisi di mana segala sesuatu berjalan normal dan bekerja sesuai fungsinya dan sebagaimana mestinya. Secara sederhana, sehat sinonim dengan kondisi tidak sakit.

Pengertian Sehat Menurut Para Ahli

Pengertian sehat menurut WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia adalah suatu keadaan yang sempurna, baik fisik, mental, maupun sosial, tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sehat menurut WHO terdiri dari suatu kesatuan penting 4 komponen dasar yang membentuk ‘positive health’, yaitu: sehat jasmani, sehat mental, sehat spiritual, dan kesejahteraan sosial.

Pengertian sehat menurut UU No. 23/1992 adalah  keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Artinya, seseorang dikatakan sehat jika tubuh, jiwa, dan kehidupan sosialnya berjalan dengan normal dan sebagaimana mestinya.

Pengertian Remaja

Remaja dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai mulai dewasa. Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensence mempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional, sosial dan fisik.

Pengertian Remaja Menurut Para Ahli

Menurut Sri Rumini & Siti Sundari masa remaja adalah peralihan dari masa anak ke masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek/fungsi untuk memasuki masa dewasa. Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria.

Menurut Zakiah Darajat (1990: 23) adalah: masa peralihan di antara masa kanak-kanak dan dewasa. Dalam masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan masa perkembangan fisiknya maupun perkembangan psikisnya. Mereka bukanlah anak-anak baik bentuk badan ataupun cara berpikir atau bertindak, tetapi bukan pula orang dewasa yang telah matang.

Pergaulan Sehat pada Remaja

Pergaulan sehat dapat juga diartikan sebagai proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, atau individu dengan kelompoknya dengan normal, baik tubuh, jiwa maupun kehidupan sosialnya. Yang dimaksud normal adalah para remaja menyadari bahwa pergaulan sesama teman dan kelompoknya adalah suatu keharusan untuk menjalankan fungsi sosialnya agar setiap anak memperoleh keuntungan pribadi dalam hal perkembangan kepribadiannya.

Cara Remaja Bergaul Secara Sehat

  1. Adanya kesadaran beragama bagi remaja.
  2. Memiliki rasa setia kawan.
  3. Memilih teman.
  4. Mengisi waktu dengan kegiatan yang positif.
  5. Laki-laki dan perempuan memiliki batasan-batasan tertentu.
  6. Menstabilkan emosi.

Sikap-Sikap dalam Pergaulan Remaja

  1. Penampilan fisik.
  2. Berbicara dan bersikap sopan.
  3. Biasakan untuk memberi dan berbagi.
  4. Hindari pembicaraan yang kurang bermanfaat.
  5. Hindari Kebiasaan Mencuri dengar.
  6. Bersikap peduli saat teman sedang mencurahkan isi hatinya.
  7. Rendah hati.
  8. Jadilah diri sendiri.

Tanda-Tanda Pergaulan Sehat

  1. Berakhlaq mulia.
  2. Senantiasa memiliki prasangka baik.
  3. Jauh dari rasa iri dan dengki.
  4. Memiliki sifat malu.
  5. Berusaha menepati janji.
  6. Sopan dalam bertutur kata.
  7. Selalu senyum dan mengucap salam saat bertemu.
  8. Selalu mengingat pada kebaikan.
  9. Mengunjungi teman yang sedang terkena musibah.
  10. Membantu teman yang kesusahan.
  11. Memberi nasihat baik.
  12. Tidak membicarakan aib teman atau saudaranya

 

Sumber: Buku PENJASORKES Kelas X SMA/MA

 

Baca Juga :   Manajemen : Pengertian, Unsur, Tingkatan, Prinsip, Fungsi dan Bidang

Related posts