8 Pengertian Penerimaan Diri, Ciri Ciri, Aspek, Taraf dan Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Diri

  • Whatsapp
Penerimaan Diri

Penerimaan Diri Adalah | Pengertian Penerimaan Diri Menurut Para Ahli | Ciri Ciri Penerimaan Diri | Aspek Aspek Penerimaan Diri | Taraf Penerimaan Diri | Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Diri |

Pengertian Penerimaan Diri Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian penerimaan diri menurut para ahli yang dikutip dari beberapa sumber:

  1. Menurut Hurlock dan Skinner, penerimaan diri adalah suatu tingkat kemampuan dan keinginan individu untuk hidup dengan segala karakteristik dirinya.
  2. Menurut Schultz, penerimaan diri adalah menerima semua segi yang ada pada dirinya, termasuk kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan serta tidak menyerah kepada kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan tersebut.
  3. Menurut Ryff, penerimaan diri adalah sikap positif terhadap diri sendiri, mengakui dan menerima berbagai aspek diri termasuk kualitas baik atau tidak baik dan merasa positif dengan kehidupan yang telah dijalani.
  4. Menurut Kilicci, Penerimaan diri adalah sikap sehat yang membantu individu dalam mengevaluasi keefisienan dan ketidakefisienan sisi diri serta ketepatan cara pandang realita.
  5. Menurut Endah, penerimaan diri merupakan suatu keadaan seorang individu yang memiliki penilaian positif terhadap dirinya, serta mengakui kelebihan maupun keterbatasan yang ada dalam dirinya tanpa malu atau merasa bersalah terhadap kodrat dirinya.
  6. Menurut James P. Chaplin, penerimaan diri adalah suatu sikap yang dimiliki oleh manusia yang pada dasarnya ia merasa puas terhadap diri sendiri, serta pengetahuan-pengetahuan akan keterbatasan-keterbatasan dirinya sendiri.
  7. Menurut Jersild, penerimaan diri adalah seseorang yang secara realistis dapat menerima dirinya terlebih pada bidang finansial yang ada pada dirinya, dan seseorang tersebut mampu mengakui adanya kesalahan dari orang lain tanpa berusaha menyalahkan orang lain.
  8. Menurut Petranto, penerimaan diri adalah keadaan diri saat ini, maupun pengalaman-pengalaman yang telah dilalui seseorang pada waktu lampau.
Baca Juga :   Pengertian Tawaf Adalah, Dalil (Dasar Hukum), Syarat Sah, Rukun, Sunah dan Macam Tawaf

Ciri Ciri Penerimaan Diri

Berikut adalah beberapa ciri ciri penerimaan diri menurut Elizabeth B. Hurlock dan penjelasannya:

  • Orang yang menerima dirinya memiliki harapan yang realistis terhadap keadaannya dan menghargai dirinya sendiri.
  • Yakin akan standar-standar dan pengakuan terhadap dirinya tanpa terpaku pada pendapat orang lain.
  • Memiliki perhitungan akan keterbatasan dirinya dan tidak melihat pada dirinya sendiri secara irasional.
  • Menyadari aset diri yang dimilikinya, dan merasa bebas untuk menarik atau melakukan semua keinginannya.
  • Menyadari kekurangannya tanpa menyalahkan diri sendiri.

Aspek Aspek Penerimaan Diri

Berikut adalah beberapa aspek aspek penerimaan diri menurut Sheerer dan penjelasannya:  






  • Memiliki keyakinan terhadap kapasitas diri untuk mengatasi lingkungan. Individu yang memiliki keyakinan akan kemampuan diri dalam menyelesaikan tantangan kehidupan dan menunjukkan perilaku yang bersahabat dalam lingkungan.
  • Menganggap dirinya sejajar dengan orang lain. Individu yang mempunyai pandangan bahwa dirinya sejajar dengan orang lain dan tidak membeda-bedakan.
  • Menganggap diri sendiri wajar serta memiliki ekspektasi bahwa orang lain akan menerimanya. Individu yang menganggap dirinya, penampilan diri secara wajar, sehingga orang lain dapat menerimanya.
  • Tidak malu atau sadar diri. Individu memiliki kepercayaan diri dalam setiap tindakan yang diambil.
  • Bertanggung jawab atas setiap perilakunya. Individu berani memikul tanggung jawab atas segala sikap dan perilaku yang telah diperbuat.
  • Berpendirian. Individu tidak mudah terpengaruh terhadap tekanann-tekanan sosial dari masyarakat serta memiliki prinsip diri yang kuat.
  • Menerima kritik dan pujian objektif. Individu mampu menerima pujian secara objektif sehingga tidak bersikap berlebihan dan dalam menerima kritik tidak mudah tersinggung sehingga dapat menerima kritik sebagai masukan agar lebih baik.
  • Menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Individu cenderung memiliki penilaian yang realistik akan kelemahan dan kelebihan diri, serta mampu mengembangkan diri.
  • Tidak menyalahkan diri sendiri atau mengingkari perasaanperasaan yang muncul. Individu tidak menolak diri atau mengingkari berbagai perasaan yang dirasakan, dengan tidak mengingkarinya, individu mampu mengelola, mengendalikan berbagai perasaaan dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik.
Baca Juga :   Pasal Tentang Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik (Bunyi Isi Pasal 40 Ayat 5 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016) UUD 1945

Sedangkan aspek aspek penerimaan diri menurut Bernard, adalah:

  • Kesadaran diri untuk menghargai karakter positif merupakan kemampuan memandang peristiwa secara positif, yang ditandai: a. Keyakinan akan kemampuan yang dimiliki dalam menghadapi kehidupan. b. Menerima pujian secara positif. c. Mengetahui kelebihan diri dan mengembangkannya secara positif.
  • Menyikapi peristiwa negatif dengan tetap bangga menerima dirinya tanpa syarat merupakan kemampuan dalam menerima peristiwa sebagaimana dan memperlakukannya secara baik disertai rasa senang, bangga dan terus mengusahakan kemajuannya yang ditandai: a. Berani memikul tanggung jawab terhadap perilakunya. b. Menerima kritikan secara objektif; menerima kekurangan tanpa penghukuman. c. Diterima oleh teman sebaya. d. Tidak rendah diri

Taraf Penerimaan Diri

Berikut adalah beberapa Taraf Penerimaan Diri menurut Jersild dan penjelasannya:

Baca Juga :   Motivasi Belajar adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Faktor yang Mempengaruhi

Taraf Penerimaan Diri Tinggi

Individu yang memiliki taraf penerimaan diri tinggi akan mempertimbangkan semua karakteristik yang dimiliki aspek fisik, mental, emosional, dan spriritual. Penerimaan diri yang objektif dapat membentuk kelebihan diri dan memperkecil kelemahan diri yang dimiliki.

Taraf Penerimaan Diri Rendah

Individu yang memiliki penerimaan diri rendah, cenderung sulit memahami karakteristik diri, serta memiliki pandangan negatif terhadap kemampuan diri.

Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Diri

Berikut adalah beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Diri menurut Bernard dan penjelasannya:

  • Diri yang positif, mencerminkan kesadaran diri yang positif terutama ketika dihadapkan dengan kejadian negatif.
  • Evaluasi diri yang negatif, terdiri dari item yang mencerminkan nilai diri secara umum serta pentingnya pendapat orang lain dan sekolah sebagai dasar untuk menentukan penilaian seseorang.

Sedangkan faktor yang mempengaruhi penerimaan diri menurut Rogers, adalah:

  • Faktor Eksternal yang berasal dari luar, didalamnya terdapat lingkungan keluarga, status sosial ekonomi, tingkat pendidikan, iklim intelektual, dan interaksi sosial.
  • Faktor Internal yang berasal dari dalam diri, self insight understanding, self acceptance, atau self responsibility.  



Related posts