Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 59, 60, 61, 62, 63 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Dalam pencarian kunci jawaban untuk Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 8 SMP, MTS, wislah.com menyajikan informasi yang dicari pada Halaman 59, 60, 61, 62, 63. Penting untuk ditekankan bahwa penggunaan kunci jawaban ini sebaiknya dilakukan dengan bijak. Fungsi pertanyaan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan kunci jawaban ini sebagai alat objektif untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan.

Bagi siswa, anggaplah kunci jawaban sebagai bagian integral dari proses pembelajaran. Dengan memahami jawaban yang benar, siswa dapat mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan dalam pemahaman mereka. Jika Anda sebagai orang tua yang membantu anak belajar, harapannya adalah bahwa bantuan yang diberikan merupakan bagian dari pendidikan anak, memungkinkannya berkembang dalam memahami materi Pendidikan Pancasila Kelas 8 SMP, MTS.

Bagi para guru yang mengakses kunci jawaban ini, dihargai kerjasama dan partisipasi dalam Kurikulum Merdeka. Wislah.com tidak hanya menyediakan kunci jawaban, tetapi juga berkontribusi aktif dalam pelaksanaan kurikulum ini dengan membagikan berbagai materi, buku paket siswa dan guru, modul ajar guru, serta materi ajar untuk semua mata pelajaran. Semua ini bertujuan untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam menyediakan referensi merata bagi pelajar di berbagai daerah.


Dengan harapan bahwa kontribusi dari wislah.com dapat memberikan manfaat yang signifikan, doa kami adalah agar platform ini terus tumbuh dan berkembang, menjadikan niat baik untuk memajukan pendidikan di Indonesia menjadi kenyataan yang berarti dan bermanfaat bagi semua pihak.

Baca Juga : Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 26, 27, 28, 29, 30, 31 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 59, 60, 61, 62, 63

Uji Kompetensi

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada pilihan jawaban A, B, C atau D!

1. UUD NRI Tahun 1945 telah beberapa kali mengalami proses amendemen. Hal tersebut menunjukkan bahwa UUD NRI Tahun 1945 ….

A. masih terdapat kekurangan dan kelemahan

B. bersifat supel dan luwes mengikuti zaman

C. bersifat supel dan luwes sesuai tuntutan MPR

D. sangat mudah diubah sesuai keinginan MPR

Jawaban:

B. bersifat supel dan luwes mengikuti zaman

2. Setiap negara memiliki pedoman dalam penyelenggaraan ketatanegaraannya yang dikenal dengan konstitusi. Dari pernyataan tersebut, pernyataan berikut yang tepat mengenai konstitusi adalah bahwa konstitusi ….

A. tidak tertulis, sedangkan UUD tertulis

B. tidak sama dengan UUD

C. lebih luas dari UUD

D. lebih rendah dari UUD

Jawaban:

C. lebih luas dari UUD

3. Para pendiri negara dengan latar belakang yang berbeda-beda, baik agama, suku bangsa, dan kelompok organisasi, telah memberikan sumbangsih pemikirannya dalam perumusan UUD 1945. Sikap positif yang harus diwujudkan untuk meneladani suasana kebatinan proses perumusan UUD 1945 tersebut yaitu peserta didik harus ….

A. mempertahankan pendapat sampai diterima orang lain

B. mengutamakan persatuan dan kesatuan di atas kepentingan pribadi

C. meyakini perbedaan pendapat merupakan hal yang tidak dibenarkan

D. harus selalu mengutamakan kepentingan golongan dan kelompok

Jawaban:

B. mengutamakan persatuan dan kesatuan di atas kepentingan pribadi

4. Pada masa persidangan BPUPK yang kedua, dibentuk beberapa Panitia Kecil yang bertugas untuk membahas keuangan dan ekonomi. Panitia kecil tersebut diketuai oleh ….

A. Moh. Hatta

B. Muh. Yamin

C. Soepomo

D. Achmad Soebardjo

Jawaban:

A. Moh. Hatta

5. Setiap peserta didik wajib menaati tata tertib yang berlaku di sekolah.

Perbuatan peserta didik yang mencerminkan ketaatan tersebut adalah ….

A. menggunakan seragam sekolah dengan lengkap

B. melaksanakan semua perintah guru

C. mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah

D. berada di perpustakaan ketika jam belajar

Jawaban:

A. menggunakan seragam sekolah dengan lengkap

Baca Juga : Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 96, 97, 98, 99, 100, 101 Kurikulum Merdeka

6. UUD NRI 1945 dirumuskan oleh beberapa tokoh negara. Sikap yang harus dicontoh dari tokoh-tokoh negara tersebut adalah ….

A. idealisme dan separatisme

B. heroisme dan egoisme

C. idealisme dan individualisme

D. patriotisme dan nasionalisme

Jawaban:

D. patriotisme dan nasionalisme

7. Keteladanan para tokoh perumus dalam merumuskan dan menetapkan UUD NRI Tahun 1945 perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku tersebut juga dapat kalian terapkan di sekolah dengan cara ….

A. mengerjakan setiap tugas sekolah dengan penuh tanggung jawab

B. membantu teman sekelas dalam menjawab soal-soal ulangan

C. membantu guru dan berharap mendapatkan nilai yang baik

D. memilih kegiatan keluarga dibandingkan tugas kelompok

Jawaban:

A. mengerjakan setiap tugas sekolah dengan penuh tanggung jawab

8. Guru Pendidikan Pancasila melakukan survei kepatuhan dan sikap disiplin peserta didik terhadap tata tertib sekolah selama empat minggu (satu bulan) dengan hasil seperti yang tersaji dalam tabel berikut ini.

Berdasarkan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa ….

A. peserta didik yang berperilaku disiplin dalam menaati tata tertib sekolah paling banyak ditemui pada minggu keempat

B. tingkat kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah paling rendah terjadi pada minggu kedua

C. minggu ketiga menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah sangat baik

D. tidak ada peserta didik yang menunjukan sikap disiplin dalam menaati tata tertib di lingkungan sekolah tersebut


Jawaban:

C. minggu ketiga menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik dalam menaati tata tertib sekolah sangat baik

9. Perhatikan tabel berikut.

Berdasarkan tabel tersebut, ciri-ciri konstitusi ditunjukan oleh kelompok ….

A. I

B. II

C. III

D. IV

Jawaban:

B. II

10. Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Membayar pajak tepat waktu

(2) Belajar dengan giat dan rajin

(3) Menggunakan hak pilih pemilu

(4) Menghormati orang lain

Dari pernyataan di atas, perilaku yang mencerminkan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 Pasal 27 ditunjukkan oleh nomor ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)

Jawaban:

B. (1) dan (3)

Baca Juga : Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 124, 125, 126, 127, 128, 129 Kurikulum Merdeka

B. Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar!

1. Dalam proses perumusan UUD NRI Tahun 1945, terdapat dua kelompok panitia perumus. Berdasarkan penyataan tersebut, apa hubungan kedua kelompok panitia perancang UUD NRI Tahun 1945 tersebut?

2. UUD NRI Tahun 1945 telah mengalami beberapa kali perubahan sejak tahun 1999 sampai dengan tahun 2022. Hal tersebut menunjukkan bahwa UUD NRI             Tahun 1945 bersifat fleksibel. Berdasarkan pernyataan tersebut, bagaimana mekanisme perubahan UUD NRI Tahun 1945?

3. Ketika merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia belum memiliki lembaga negara yang akan membantu presiden dalam menjalankan roda pemerintahan sampai terbentuk KNIP yang merupakan salah satu hasil keputusan sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Berdasarkan pernyataan tersebut, jelaskan tugas dan fungsi Lembaga KNIP tersebut!

4. Panitia kecil yang dipimpin oleh Soepomo berhasil menyusun 3 (tiga) rancangan batang tubuh UUD dan disampaikan dalam rapat panitia hukum dasar untuk pertama kalinya. Berdasarkan pernyataan tersebut, jelaskan perbedaan sistematika ketiga rancangan tersebut!

5. Menjelang sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945, terjadi kesepakatan antara sejumlah tokoh Islam dan kelompok nasionalis sehingga terdapat perubahan rancangan ketiga batang tubuh UUD. Berdasarkan pernyataan tersebut, jelaskan perubahan apa saja yang menjadi kesepakatan kedua kelompok tersebut!

Jawaban:

1. Hubungan kedua kelompok panitia perancang UUD NRI Tahun 1945 adalah adanya pembagian tugas atau fungsi antara keduanya. Panitia yang pertama, Panitia Sembilan, bertugas merumuskan konstitusi Indonesia. Sedangkan panitia yang kedua, Panitia Enam, bertanggung jawab menggabungkan dan menyelaraskan rancangan yang telah dibuat oleh Panitia Sembilan. Dengan demikian, keduanya bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai kesepakatan final dalam perumusan UUD NRI Tahun 1945.

2. Mekanisme perubahan UUD NRI Tahun 1945 dilakukan melalui Amandemen. Amandemen UUD dilakukan melalui proses yang melibatkan DPR dan DPD dengan persetujuan paling sedikit dua pertiga anggota masing-masing lembaga. Setelah mendapat persetujuan, amandemen diajukan kepada Presiden untuk disahkan. Mekanisme ini mencerminkan sifat fleksibel UUD NRI Tahun 1945 yang dapat diubah sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman.

Baca Juga : Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 Halaman 157, 158, 159, 160, 161, 162 Kurikulum Merdeka

3. Lembaga KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) memiliki tugas dan fungsi untuk membantu Presiden dalam menjalankan roda pemerintahan dan membentuk kabinet. KNIP juga memiliki tanggung jawab dalam menyusun dan menyahkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Serikat (UUD NRI) tahun 1945. KNIP berperan sebagai lembaga yang mendukung Presiden dalam mengelola negara setelah proklamasi kemerdekaan.

4. Perbedaan sistematika ketiga rancangan batang tubuh UUD yang disusun oleh Panitia Kecil yang dipimpin oleh Soepomo dapat berupa perbedaan dalam struktur, penekanan nilai-nilai, atau formulasi pasal-pasal tertentu. Tanpa informasi lebih lanjut tentang isi rancangan tersebut, sulit untuk memberikan detail perbedaannya.

5. Perubahan yang menjadi kesepakatan antara sejumlah tokoh Islam dan kelompok nasionalis menjelang sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 adalah penyisipan kata “Allah” dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. Kesepakatan ini mencerminkan upaya untuk mencapai keselarasan antara nilai-nilai Islam dan nasionalis dalam konstitusi nasional, sehingga menjadi kompromi antara kedua kelompok tersebut.

Penutup

Dalam mengakhiri tulisan ini, penting untuk menegaskan bahwa penggunaan kunci jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 8 SMP, MTS, yang tersedia di wislah.com, sebaiknya diintegrasikan secara bijak dalam proses pembelajaran. Guru diharapkan dapat menggunakan informasi ini untuk mengevaluasi pemahaman siswa secara objektif, sementara siswa dan orang tua diingatkan agar memandangnya sebagai alat pembelajaran yang mendukung pemahaman materi.

Wislah.com berkomitmen untuk tidak hanya menyediakan kunci jawaban, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Dukungan ini mencakup berbagai sumber daya, seperti buku paket siswa dan guru, modul ajar guru, materi ajar untuk semua mata pelajaran, dan konten relevan lainnya. Semua ini dihadirkan dengan harapan agar dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Bagi para guru, wislah.com berterima kasih atas peran aktif dalam mendidik generasi muda. Semoga penggunaan kunci jawaban ini dapat membantu dalam mengukur pemahaman siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Bagi siswa dan orang tua, semoga penggunaan kunci jawaban ini dapat menjadi sarana pembelajaran yang efektif.

Kami berdoa agar wislah.com terus tumbuh dan berkembang, mewujudkan tujuan baiknya untuk memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan. Semoga upaya bersama ini dapat memberikan manfaat nyata bagi perkembangan keilmuan dan karakter generasi penerus bangsa. Terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak.

Related posts