Kunci Jawaban Biologi Kelas 11 Halaman 161, 162, 163, 164 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Dalam tulisan ini, kami menyediakan kunci jawaban untuk Mata Pelajaran Biologi Kelas 11 SMA, MA yang terdapat pada Halaman 161, 162, 163, 164. Kunci jawaban ini merupakan bagian integral dari proses pembelajaran, di mana pertanyaan-pertanyaan tersebut dirancang untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi Biologi yang diajarkan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kunci jawaban harus bijak, dan sebaiknya dipahami sebagai alat bantu pembelajaran daripada cara untuk menghindari usaha belajar.

Penting bagi guru untuk mendapatkan gambaran objektif tentang pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, kunci jawaban ini dapat dianggap sebagai sarana evaluasi dalam menilai pencapaian siswa dalam pembelajaran Biologi Kelas 11. Bagi orang tua yang membantu anak-anak mereka dengan tugas-tugas pelajaran, kami berharap bahwa proses bimbingan yang diberikan dapat menjadi bagian dari pendidikan anak-anak mereka, membantu mereka berkembang dan memahami materi Biologi dengan lebih baik.

Bagi para guru Biologi Kelas 11 SMA, MA, wislah.com bukan hanya menyediakan kunci jawaban, tetapi juga berkontribusi aktif dalam Kurikulum Merdeka. Kami turut serta dalam pembagian berbagai sumber daya pendidikan, termasuk buku paket untuk siswa dan guru, modul ajar, serta materi ajar untuk semua mata pelajaran. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat memberikan dukungan maksimal dalam implementasi Kurikulum Merdeka di seluruh Indonesia, memastikan akses merata terhadap referensi pendidikan di berbagai daerah.


Semoga kontribusi kami melalui wislah.com dapat menjadi bagian dari pembangunan pendidikan di Indonesia. Doa dan dukungan dari semua pihak sangat diharapkan agar wislah.com terus tumbuh dan berkembang, sehingga tujuan kami untuk menyebarkan pengetahuan dan mendukung kehidupan pendidikan bangsa dapat tercapai dengan baik dan memberikan manfaat yang besar. Terima kasih atas partisipasi dan perhatiannya dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi Kelas 11 Halaman 97 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Biologi Kelas 11 Halaman 161, 162, 163, 164

Uji Kompetensi

Bacalah dengan saksama potongan artikel dibawah ini untuk menjawab soal nomor 1-3!

Sinar Matahari Punya Efek Kompleks Terhadap Kekebalan

Selama beberapa dekade, para ilmuwan telah mengetahui paparan sinar matahari dapat menekan respon sistem kekebalan terhadap infeksi bakteri, virus, dan juga jamur. Menurut artikel di tahun 2010 oleh Journal of Investigative Dermatology, paparan sinar matahari dengan dosis 30 hingga 50 UVR dapat menekan sistem kekebalan tubuh menjadi kurang aktif.

Pada saat yang sama sinar matahari juga menyebabkan tubuh memproduksi vitamin D. Hal ini juga dibuktikan dari sebuah studi terbaru di Nature Immunology yang menunjukkan sel-T tidak bergerak jika mereka hanya mendeteksi vitamin D dalam jumlah kecil di aliran darah. Selain itu, penelitian lain menunjukkan vitamin D dapat memicu produksi peptida antimikroba di kulit yaitu senyawa yang membantu melindungi tubuh dari infeksi baru.

Sumber : health.detik.com

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi Kelas 11 Halaman 86, 87 Kurikulum Merdeka

Berdasarkan hasil bacaan Kalian pada potongan artikel di atas, tentukanlan kesesuaian 3 pernyataan di bawah ini dengan interpretasi informasi dari artikel dengan cara memberi tanda centang (√) pada kolom yang Kalian pilih!

4. Pelajari dengan saksama informasi pada infografis di bawah ini!


Berdasarakan informasi pada infografis di atas, peran ASI sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Peran ini melibatkan manfaat pada proses fisiologis di beberapa sistem organ tubuh. Adapun beberapa sistem organ yang terkait dengan manfaat ASI berdasarkan infografis di atas adalah …

a. sistem saraf dan sistem pernapasan

b. sistem pencernaan dan sistem ekskresi

c. sistem imun dan sistem saraf

d. sistem imun dan sistem sirkulasi

e. sistem sirkulasi dan sistem pernapasan

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi Kelas 11 Halaman 84, 85 Kurikulum Merdeka

Pelajari dengan saksama grafik di bawah ini untuk menjawab soal nomor 5 – 7!

Grafik di atas menunjukkan perkembangan angka kematian per 10.000 penduduk akibat Covid-19. Data disusun berdasarkan profil tingkat vaksinasi yang telah dilakukan oleh pasien. Berdasarkan hasil penelaah Kalian, tentukanlah pernyataan manakah yang bersifat fakta dan opini terkait informasi yang tergambar pada grafik dengan cara memberi tanda centang pada kolom yang Kalian pilih!

8. Perhatikan informasi di bawah ini!

Berdasarkan hasil telaah Kalian pada informasi di atas, tentukan manakah fakta numerik yang sesuai dengan informasi tersebut?

a. Sebagai tipe kelainan imun yang paling umum, riwayat alergi dimiliki oleh sebagian besar penduduk dunia.

b. Lebih dari 20% kasus alergi pada anak terkait dengan konsumsi susu sapi dan olahannya.

c. Dibandingkan alergi karena susu, jumlah orang dewasa yang alergi putih telur jauh lebih banyak.

d. Dari setiap 10 penduduk dunia, 6-7 orang di antaranya memiliki riwayat alergi.

e. Makanan lebih memicu alergi 30% pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa.

Jawaban:

4. C

8. B

Baca Juga : Kunci Jawaban Biologi Kelas 11 Halaman 83 Kurikulum Merdeka

Penutup

Dalam menutup pembahasan ini, kami ingin menekankan bahwa penggunaan kunci jawaban ini seharusnya bersifat mendukung, bukan menggantikan upaya belajar siswa. Kunci jawaban ini dirancang sebagai panduan bagi siswa dalam mengukur pemahaman mereka terhadap materi Biologi Kelas 11. Oleh karena itu, disarankan agar kunci jawaban ini dijadikan alat bantu untuk memperdalam pemahaman siswa, bukan sebagai cara untuk menghindari proses belajar yang sebenarnya.

Bagi para guru, kunci jawaban dapat menjadi alat evaluasi yang berguna untuk melihat perkembangan pemahaman siswa. Namun, lebih dari itu, interaksi langsung dengan siswa, memberikan bimbingan, dan memotivasi mereka tetap diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Orang tua juga diharapkan memanfaatkan kunci jawaban sebagai sumber referensi tambahan dalam membantu anak-anak mereka, tetapi juga mendorong anak-anak untuk aktif belajar dan memahami konsep-konsep Biologi.

Terakhir, kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dalam upaya kami untuk mendukung pendidikan di Indonesia melalui wislah.com. Semoga kunci jawaban dan sumber daya pendidikan lainnya yang kami sediakan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai daerah. Doa dan dukungan dari semua pihak sangat berarti bagi kami untuk terus tumbuh dan berkembang, sehingga misi kami untuk menyebarkan pengetahuan dapat terus dijalankan dengan baik. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya dalam memajukan dunia pendidikan.

Related posts