Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Penting untuk diingat bahwa tulisan ini menyajikan kunci jawaban dari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas 11 SMA dan MA yang dapat ditemukan pada Halaman 75 dari buku kurikulum merdeka. Informasi ini menjadi sumber referensi yang sangat berguna bagi siswa yang sedang belajar dan membutuhkan bimbingan untuk memahami materi yang diajarkan dalam buku pelajaran tersebut.

Namun, penggunaan kunci jawaban ini perlu dilakukan dengan bijak. Dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia, pertanyaan yang diajukan memiliki tujuan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang sedang dipelajari. Oleh karena itu, sebaiknya siswa menggunakan kunci jawaban ini sebagai alat bantu untuk memperdalam pemahaman mereka, bukan sebagai jalan pintas untuk menghindari proses belajar yang sebenarnya.

Bagi orang tua yang membantu anak-anak mereka dalam memahami tugas-tugas pelajaran, wislah.com berharap bahwa proses bimbingan yang dilakukan menjadi bagian integral dari pendidikan anak. Dengan demikian, anak-anak dapat lebih berkembang dalam pemahaman materi Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA dan MA, serta mampu menghadapi tantangan belajar dengan lebih baik.


Untuk para guru Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA dan MA, wislah.com menawarkan kunci jawaban sebagai sumber referensi yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa secara objektif. Namun, lebih dari sekadar kunci jawaban, situs ini juga berkontribusi aktif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Mereka tidak hanya menyediakan kunci jawaban buku siswa, tetapi juga berbagi berbagai sumber pendidikan seperti buku paket siswa dan guru, modul ajar guru, materi ajar untuk semua mata pelajaran, dan lebih banyak lagi.

Dengan berpartisipasi dalam Kurikulum Merdeka, wislah.com berharap dapat memberikan sumbangsihnya dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Melalui penyebaran referensi secara merata, terutama bagi pelajar di berbagai daerah, mereka berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak bangsa. Dukungan dan doa untuk kesuksesan wislah.com dalam mencapai tujuannya menjadi harapan bersama, agar niat baik mereka dapat terwujud dan memberikan manfaat yang maksimal.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 136 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75

Kegiatan 1

Temukan informasi peristiwa sejarah yang menjadi latar belakang sebuah cerpen. Untuk memahami isi cerita pendek yang berjudul “Tanah Air” karya Martin Aleida ini secara komprehensif, kalian harus mempunyai pengetahuan latar belakang sejarah berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965.

Berikut ini beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum memulai membaca cerita pendek tersebut. Bekerjalah dalam kelompok yang terdiri atas 4-5 siswa dan temukanlah informasi di bawah ini!

1. Temukan informasi tentang gedung atau tempat bernama Tjandra Naja! Mengapa tempat tersebut menjadi istimewa dalam cerpen tersebut? Berikan alasan dan bukti yang mendukung!

2. Apa yang kamu ketahui tentang peristiwa G30S/PKI 1965? Mengapa peritiwa itu terjadi dan mengapa ini disebut sejarah kelam bagi Indonesia?

3. Setelah peristiwa 30 September 1965, apa dampak yang harus ditanggung oleh orang-orang yang dituduh sebagai anggota PKI?

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 139, 140 Kurikulum Merdeka

4. Apa itu Revolusi Kebudayaan di Tiongkok/China? Apa latar belakang terjadinya gerakan tersebut dan mengapa peristiwa itu disebut sebagai peristiwa kelam di Tiongkok pada waktu itu? Setelah kalian menemukan informasi tersebut, presentasikan hasil temuan tersebut secara lisan di hadapan kelompok yang lain.


Jawaban:

1) Tjandra Naja adalah sebuah bangunan cagar budaya di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Indonesia. Bangunan ini merupakan bekas kediaman keluarga Khouw van Tamboen, terutama Majoor der Chinezen Khouw Kim An, pemimpin bangsa Tionghoa di Batavia yang terakhir (1910–1918 dan diangkat kembali 1927– 1942). Bangunan mempunyai luas 2.250 meter persegi dengan arsitektur Tionghoa yang khas.

2) Peristiwa Gerakan 30 September 1965 selama ini oleh Pemerintah Orde Baru dikatakan bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) ingin melakukan perebutan kekuasaan terhadap pemerintah Soekarno. Hal itu dimulai dengan membunuh tujuh jenderal Angkatan Darat yang sekarang disebut sebagai Pahlawan Revolusi. Walaupun demikian, buku putih sejarah tentang peristiwa tersebut belum pernah dirilis oleh Pemerintah Indonesia sehingga bisa menjadi acuan kita belajar bersama.

3) Akibat dari peristiwa Gerakan 30 September dan terbunuhnya tujuh jenderal Angkatan Darat tersebut, akhirnya PKI kemudian dilarang ada di Indonesia dan akibatnya para anggota dan simpatisannya mengalami pembunuhan, pemenjaraan, pembuangan, serta jenis-jenis diskriminasi lain.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 148, 149 Kurikulum Merdeka

4) Revolusi Kebudayaaan secara resmi disebut Revolusi Kebudayaan Proletarian Besar. Revolusi ini adalah sebuah gerakan sosiopolitik yang terjadi di Tiongkok dari 1966 sampai 1976. Gerakan ini dipelopori oleh Mao Zedong, Ketua Partai Komunis Tiongkok. Tujuan gerakan ini adalah menyajikan ideologi komunis yang yang dianggap benar di negara tersebut. Akibat gerakan ini adalah terjadinya pertumpahan darah di Tiongkok pada periode 1966–1976 karena orang-orang yang dianggap keluar dari ajaran Mao Zedong harus mengalami pembunuhan dengan pelanggaran hak asasi manusia yang luar biasa.

Penutup

Dalam menutup ulasan kunci jawaban ini, perlu diingat bahwa penggunaan materi ini seharusnya menjadi bagian dari upaya pembelajaran yang lebih mendalam dan bukan sebagai cara untuk menghindari proses belajar yang sebenarnya. Pembelajaran adalah perjalanan panjang yang membutuhkan dedikasi, kesabaran, dan keterlibatan penuh dari para siswa.

Siswa dihimbau untuk menggunakan kunci jawaban ini sebagai alat bantu untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA dan MA. Proses belajar yang sehat melibatkan pemecahan masalah, diskusi, dan refleksi diri. Kesulitan yang dihadapi saat memahami materi seharusnya menjadi titik awal bagi eksplorasi lebih lanjut, bukan hambatan yang menghentikan perjalanan belajar.

Bagi para orang tua yang memberikan bimbingan, dorongan positif dan dukungan mereka sangat berarti dalam membantu anak-anak mengatasi tantangan pembelajaran. Semangat kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua merupakan fondasi penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang produktif dan mendukung perkembangan optimal anak-anak.

Terakhir, dukungan dan kontribusi wislah.com dalam penyediaan referensi pendidikan tidak hanya menjadi tambahan kunci jawaban semata. Melalui peran aktifnya dalam Kurikulum Merdeka, mereka turut berperan dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia. Semoga upaya mereka memberikan dampak positif dan memotivasi semua pihak untuk terlibat secara aktif dalam pembangunan pendidikan yang berkualitas dan merata.

Dengan demikian, mari kita bersama-sama menghadapi setiap tantangan pembelajaran dengan semangat dan keinginan untuk terus berkembang. Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu masa depan yang penuh dengan peluang. Selamat belajar dan semoga setiap langkah dalam perjalanan ini membawa kebijaksanaan, pengetahuan, dan prestasi yang gemilang.

Related posts