Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 41, 42 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Dalam upaya mendukung proses pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA, MA, kami menyediakan kunci jawaban dari materi yang terdapat pada Halaman 41, 42 buku Bahasa Indonesia Kelas 11. Adalah penting untuk diingat bahwa penggunaan kunci jawaban ini seharusnya bijak dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Fungsi utama pertanyaan dalam proses belajar Bahasa Indonesia di tingkat SMA, MA adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang sedang diajarkan.

Sebagai siswa, Anda dapat menganggap kunci jawaban ini sebagai alat bantu untuk memahami dan mengevaluasi pengetahuan Anda. Guru, di sisi lain, dapat memanfaatkannya sebagai sarana objektif untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Kami menghimbau agar guru dan orang tua memberikan dukungan yang diperlukan agar siswa dapat mengembangkan pemahaman mereka terhadap Bahasa Indonesia Kelas 11.

Bagi orang tua yang membantu anak-anaknya dalam tugas, harapan kami adalah agar kontribusi Anda dalam mendampingi proses belajar anak menjadi bagian integral dari pendidikan mereka. Kami, wislah.com, tidak hanya menyediakan kunci jawaban, tetapi juga aktif berpartisipasi dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Melalui platform kami, Anda dapat mengakses berbagai sumber, termasuk buku paket siswa dan guru, modul ajar guru, materi ajar untuk semua mata pelajaran, dan informasi lainnya.


Partisipasi kami dalam Kurikulum Merdeka bukan hanya terbatas pada memberikan kunci jawaban, melainkan juga dalam menyebarkan informasi yang bermanfaat untuk pendidikan di seluruh Indonesia. Kami berharap kontribusi kami dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai daerah. Dukungan doa dari Anda kepada wislah.com dalam tumbuh dan berkembangnya agar niat baik kami tercapai akan sangat dihargai. Semoga upaya kami memberikan manfaat yang nyata dalam memajukan pendidikan di negeri ini.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 148, 149 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 41, 42

Kegiatan 3

Menjawab pertanyaan berita berdasarkan video. Wartawan sebagai penulis berita perlu memilah peristiwa atau kejadian yang layak diangkat menjadi berita. Kelayakan suatu peristiwa atau kejadian untuk dapat diubah menjadi berita ditentukan oleh enam hal berikut ini.

1. Aktual atau kekinian, peristiwa yang baru saja terjadi.

2. Penting, kejadian yang menyangkut kepentingan masyarakat.

3. Kedekatan lokasi, berita yang terjadi di wilayah pembaca akan lebih menarik daripada kejadian di tempat yang jauh.

4. Ekspresi emosional (human interest), dapat memancing atau mengadukaduk emosi pembaca.

5. Tokoh atau lembaga terkenal, kepopuleran tokoh atau lembaga yang menjadi topik berita akan menarik perhatian pembaca.

6. Tokoh atau lembaga terkenal, kepopuleran tokoh atau lembaga yang menjadi topik berita akan menarik perhatian pembaca.

Bersama kelompok kalian, simaklah paparan berita dalam bentuk video “Go Digital Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi” melalui tautan ini.

VIDEO 1

Bersama kelompok yang sama, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Apa gagasan utama dalam tayangan video yang telah kalian saksikan?

2. Kapan peristiwa para pedagang melakukan usaha memakai konsep go digital terjadi?


3. Mengapa industri kreatif sangat terdampak oleh pandemi? Jelaskan alasan kalian.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 153, 154, 155 Kurikulum Merdeka

4. Apa hubungan antara pandemi dengan penghasilan para pedagang industri kreatif? Jelaskan jawaban kalian.

5. Dampak apakah yang dirasakan pedagang saat mereka beralih ke konsep go digital?

6. Bagaimana tanggapanmu terhadap tindakan para pedagang untuk beralih ke penjualan dengan platform digital?

Jawaban:

1. Gagasan utama dalam tayangan video itu adalah pelaku usaha UMKM melakukan inovasi dengan berjualan pada platform digital agar dapat bertahan selama masa pandemi.

2. Maret–November 2020

3. Industri kreatif memerlukan pelanggan yang datang ke tempat usaha atau pertunjukan agar dapat memirsa hasil karya atau produk pelaku usaha. Selama masa pandemi terdapat pembatasan kerumunan dan perjalanan sehingga para calon pelanggan tidak dapat mengakses produk pelaku usaha.

4. Pembatasan jam buka usaha, pembatasan kerumunan, dan pembatasan perjalanan untuk mencegah semakin parahnya pandemi mengakibatkan tidak ada pelanggan yang dapat membeli produk pelaku usaha industri kreatif. Karena tidak ada transaksi pembelian, omzet para pedagang menurun drastis dan produk pun menumpuk tidak terbeli.

5. Saat pedagang beralih ke konsep Go Digital, pelanggan mulai dapat melihat hasil karya dan produk jualan secara daring tanpa harus mendatangi tempat usaha UMKM. Pembelian oleh pelanggan yang tertarik atau membutuhkan produk pedagang UMKM mulai terjadi. Penghasilan para pedagang meningkat seiring dengan makin banyaknya pengakses pasar digital pelaku usaha UMKM.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 179, 180 Kurikulum Merdeka

6. Tindakan para pedagang untuk beralih ke penjualan dengan platform digital adalah suatu hasil kreativitas dan keuletan pelaku usaha UMKM yang baik untuk dicontoh. Kegigihan pedagang untuk tetap mencari peluang dan belajar hal baru sesuai dengan zaman akan membantu kelangsungan usaha.

Penutup

Sebagai penutup, kami berharap kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 41, 42 yang kami sediakan dapat memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran siswa SMA, MA. Kami mengajak semua pihak, baik siswa, guru, maupun orang tua, untuk menggunakan informasi ini dengan bijak demi meningkatkan pemahaman dan prestasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Kami juga ingin menekankan pentingnya peran aktif dalam mendukung Kurikulum Merdeka, di mana wislah.com turut serta dalam memberikan sumber daya dan informasi yang dapat memperkaya proses pembelajaran. Dengan kerjasama yang baik antara semua pihak terlibat, kami yakin bahwa pendidikan di Indonesia dapat terus berkembang menuju arah yang lebih baik.

Terakhir, kami menyampaikan terima kasih atas dukungan dan doa yang telah diberikan kepada wislah.com. Semoga melalui upaya bersama ini, kita dapat menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan mampu berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara. Mari terus berkolaborasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendukung pertumbuhan intelektual anak-anak Indonesia. Terima kasih dan semoga segala usaha kita membuahkan hasil yang gemilang.

Related posts