Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 131, 132 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Pertama-tama, kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 yang kami sajikan di sini merujuk pada halaman 131 dan 132 dari buku siswa SMA, MA. Penting untuk diingat bahwa penggunaan kunci jawaban sebaiknya dilakukan dengan bijak, mengingat fungsi pertanyaan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah untuk mengukur pemahaman dan daya serap siswa terhadap materi. Bagi guru, pemahaman objektif terhadap pemahaman siswa menjadi krusial, dan kunci jawaban ini dapat menjadi alat bantu.

Bagi orang tua yang membantu anaknya, proses pembelajaran seharusnya dianggap sebagai bagian integral dari pendidikan anak. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 tidak hanya sekadar jawaban, tetapi bagian dari proses pendidikan anak untuk lebih memahami materi yang diajarkan di sekolah. Menggunakan kunci jawaban sebagai panduan untuk membimbing anak adalah langkah yang bijak untuk memastikan perkembangan pemahaman mereka.

Untuk guru Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA, MA, kami menyediakan kunci jawaban sebagai sumber referensi tambahan. Selain itu, wislah.com, tempat sumber kunci jawaban ini ditemukan, juga berperan aktif dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Wislah.com tidak hanya menyediakan kunci jawaban, tetapi juga menyumbangkan berbagai sumber, seperti buku paket siswa dan guru, modul ajar guru, materi ajar semua mata pelajaran, dan banyak lagi.


Semua upaya ini diarahkan untuk mendukung pendidikan di Indonesia secara merata. Harapan besar dari wislah.com adalah agar kontribusi mereka dapat membantu perkembangan pendidikan di berbagai daerah. Dengan menyebarkan referensi dan informasi seputar kurikulum, wislah.com berharap dapat ikut serta dalam memajukan kehidupan bangsa, khususnya di bidang pendidikan. Doa mereka adalah agar upaya ini terus berkembang dan memberikan manfaat yang nyata.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 62, 63, 64 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 131, 132

Kegiatan 1 Saksikan pertunjukan drama berjudul “Sekadar Imajinasi” oleh Teater Koma.

Untuk mengenal lebih dekat seperti apa pertunjukan drama, saksikanlah pertunjukan drama berikut ini! Kemudian, jawablah pertanyaan-pertanyaan berdasarkan pertunjukan tersebut.

Berdasarkan pertunjukan drama yang telah kalian saksikan tersebut, secara berkelompok terdiri atas 4-5 siswa jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan menggunakan kalimat yang baik!

1. Terdapat berapa latar tempat dalam pementasan drama tersebut? Jelaskan disertai dengan bukti.

2. Terdapat berapa babak pertunjukan drama yang telah kalian saksikan tersebut? Jelaskan dan berikan buktinya!

3. Identifikasilah mana bagian yang disebut prolog, dialog, dan epilog pada pertunjukan drama tersebut!

4. Siapakah tokoh utama dan siapa saja peran pendukung dalam pentas drama tersebut? Berikan alasan dan bukti yang mendukung!

5. Dari pentas tersebut, identifikasilah mana tokoh yang punya perwatakan baik, jahat, dan campuran! Berikan bukti yang mendukung jawabanmu!

6. Apakah terdakwa dalam sidang pengadilan mengakui apa yang dituduhkan oleh Hakim Ketua? Tunjukkan dialog manakah yang menunjukkan hal tersebut!

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 66 Kurikulum Merdeka

7. Apa sebenarnya yang dilakukan oleh terdakwa sehingga dijatuhi hukuman tiga bulan penjara? Bagaimana tanggapan sahabat tokoh tentang waktu hukuman yang hanya tiga bulan tersebut?

8. Menurut kalian, apakah hukuman tiga bulan itu merupakan hukuman yang setimpal bagi pelaku korupsi yang 100 miliar?

9. Berikan penjelasan kalian mengapa pentas drama tersebut diberi judul “Sekadar Imajinasi”? Berikan alasan yang mendukung jawabanmu.

10. Tuliskan satu amanat yang bisa kalian tarik dari pertunjukan drama tersebut dan berikan alasan serta bukti yang mendukung.

Jawaban:

1. Ada dua latar tempat. Latar pertama di pengadilan dengan bukti terdapat hakim, terdakwa dan suasana sidang. Latar tempat yang kedua adalah di rumah terdakwa buktinya ada latar ruang tamu dan adegan istri terdakwa menerima tamu yaitu teman terdakwa.


2. Dalam pertunjukan drama “Sekadar Imajinasi”, terdapat dua babak. Babak pertama adalah di ruang sidang dan babak kedua adalah di rumah terdakwa.

3. Bagian prolog atau pembuka adalah saat terdengar suara “sekadar imajinasi” dengan terdakwa memasuki ruangan. Tahap dialog berupa konflik ketika terdakwa mendapat tuduhan dari hakim telah membuat 2 orang saksi mati. Tahap epilog adalah tahap penutup ketika ditutup dengan suara “sekadar imajinasi” dan terdakwa serta istrinya duduk di ruang tamu.

4. Tokoh utama adalah terdakwa karena dia menjadi pusat cerita. Pemeran pendukung seperti hakim, saksi, istri terdakwa, dan sahabat terdakwa. Keempat tokoh tidak menjadi pusat cerita, tetapi menjelaskan bagaimana konflik berjalan.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 72, 73, 74 Kurikulum Merdeka

5. Tokoh yang baik seperti terdakwa dan istrinya. Dia mengalami depresi karena sifatnya terlalu lembut yang tidak bisa mengingkari bahwa dia telah berbuat salah ketika melakukan korupsi. Tokoh yang jahat adalah sahabat terdakwa yang mengatakan, “anggap saja kematian orang itu sekadar imajinasi dan tidak terjadi sungguh-sungguh.” Perwatakan yang tidak terlalu jelas apakah dia jahat atau baik seperti saksi dan hakim ketua.

6. Terdakwa tidak mengakui perbuatannya telah membunuh saksi. Hal ini terlihat dalam dialog bahwa dia hanya menciptakan tokoh dalam novel-novelnya.

7. Terdakwa melakukan korupsi bersama teman-temannya 1 triliun dan dia mendapat bagian 100 miliar. Hukuman 3 bulan, kata sahabat terdakwa, itu ringan dan tidak berat.

8. Peserta didik bisa menjawab sesuai dengan pendapat mereka, tetapi pastikan peserta didik memberikan alasan yang masuk akal.

9. Pentas pertunjukan drama diberi judul “Sekadar Imajinasi” karena ketika si tokoh utama melakukan korupsi dan menjadi terdakwa akhirnya dia mengalami depresi. Oleh karena itu, agar terhindar dari depresi sahabat tokoh utama menganjurkan dia untuk menganggap bahwa semua tragedi korupsi dan kematian orang akibat perbuatan korupsi hanya sekadar imajinasi dan tidak sungguh-sungguh terjadi.

10. Amanat dari pertunjukan drama adalah jangan melakukan perbuatan jahat karena Tuhan sudah memberikan hati kecil yang akan mengingatkan manusia tentang perbuatan salahnya sehingga kita akan merasa bersalah jika melakukan perbuatan salah. Bukti terdakwa yang terus dihantui rasa bersalah akibat melakukan korupsi.

Baca Juga : Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 75 Kurikulum Merdeka

Penutup

Dalam mengejar kualitas pendidikan yang lebih baik, penggunaan kunci jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 131, 132 Kurikulum Merdeka seharusnya diimbangi dengan sikap bijak dan tanggung jawab. Penggunaannya sebaiknya melibatkan pemahaman mendalam terhadap tujuan pembelajaran dan bagaimana kunci jawaban dapat mendukung proses tersebut. Bagi siswa, ini adalah kesempatan untuk memperdalam pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan, bukan sekadar mencari jawaban.

Bagi orang tua, peran mereka dalam membimbing anak melalui pembelajaran menjadi sangat penting. Menggunakan kunci jawaban sebagai sarana untuk menjelaskan konsep-konsep yang sulit atau memberikan panduan tambahan dapat membantu anak membangun pemahaman yang kokoh. Guru, sebagai garda terdepan dalam proses pendidikan, diharapkan dapat menggunakan kunci jawaban ini dengan bijak, tidak hanya sebagai alat penilaian tetapi juga sebagai bahan referensi untuk meningkatkan metode pengajaran mereka.

Keterlibatan wislah.com dalam mendukung Kurikulum Merdeka dengan menyediakan berbagai sumber belajar menunjukkan komitmen mereka terhadap pengembangan pendidikan di Indonesia. Semua ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan mutu pendidikan di seluruh negeri. Dengan demikian, kita dapat bersama-sama memastikan bahwa setiap anak-anak Indonesia memiliki akses yang setara terhadap pendidikan berkualitas. Mari bersama-sama berupaya agar visi ini dapat terus tumbuh dan bermanfaat untuk kemajuan bangsa. Terima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak.

Related posts