WISLAH.COM – Berikut “Kunci Jawaban 3.1 Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif (Pintar Kemenag)“, memuat kunci jawaban serta penjelasan lengkap untuk soal-soal terkait modul 3.1 dalam Pelatihan Numerasi Pintar Kemenag.
Artikel ini ditujukan bagi para guru, khususnya pada jenjang SD/MI, yang ingin meningkatkan kompetensi mereka dalam memanfaatkan tools online untuk menciptakan pembelajaran yang lebih aktif dan efektif. Dengan memahami kunci jawaban dan penjelasan yang diberikan, diharapkan guru dapat mengintegrasikan teknologi secara optimal dalam proses belajar mengajar.
Kunci Jawaban 3.1 Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif (Pintar Kemenag)
- Bagaimana keuntungan penggunaan tools online untuk membuat poster digital jika dibandingkan dengan menggambar langsung?
A Penggunaan tools online sangatlah mudah jika dibandingkan dengan menggambar langsung di kertas/karton
B Informasi lebih mudah disampaikan dengan menggunakan poster digital, sedangkan informasi pada poster tradisional cenderung kurang jelas terlihat
C Pada tools online sudah ada template yang bisa langsung digunakan, sedangkan jika menggunakan kertos murid harus menggambar dari awal
D Poster digital dapat diunggah pada sosial media sedangkan poster tradisional tidak dapat diunggah
Jawaban: C - TIK atau tools online hanyalah alat bantu bagi pendidik dalam memberikan pelajaran yang efektif dan efisien. Yang menjadi poin utama dalam pembelajaran adalah
A Kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran di kelas
B Kemampuan pendidik dalam mendokumentasikan pembelajaran
C Keterampilan pendidik dalam menggunakan teknologi
D Keterlibatan pendidik dalam komunitas cakap teknologi
Jawaban: A - Yang bukan merupakan pemanfaatan tools online untuk pembelajaran berbasis proyek adalah
A Menggunakan aplikasi tertutup untuk mengerjakan soal asesmen sumatif
B Memanfaatkan mesin pencarian di internet untuk mencari informasi data dan literatur
C Memanfaatkan aplikasi desain grafis dan sosial media untuk mengkomunikasikan hasil proyek
D Menggunakan spreadsheet atou apilikasi visual organizer untuk mengolah informasi dan memetakan masalah
Jawaban: A - Yang bukan merupakan manfaat dari permainan Jeopardy adalah
A Meningkatkan rasa kompetitif dalam diri peserta didik
B Meningkatkan keterampilan berkomunikasi
C Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
D Meningkatkan kolaborasi antar peserta didik
Jawaban: A - Salah satu keuntungan menggunakan tipe aplikasi tertutup adalah
A Tidak perlu menggunakion komputer/laptop dan proyektor
B Konten dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas
C Pengguna dapat memanfaatkan template dasar untuk beragam keperluan
D Tidak perlu menyiapkan konten, karena sudah tersedia di aplikasi
Jawaban: D - Pernyataan yang tepat mengenal pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran aktif adalah
A TIK harus digunakan dalam setiap sesi pembelajaran untuk semua mata pelajaran
B TIK merupakan alat bantu bagi pendidik untuk menyediakan pembelajaran yang efektif dan efisien
C Pemanfaatan TIK hanya bisa dilakukan jika satuan pendidikan memiliki Lab. Komputer
D Sebelum memanfaatkan TIK pendidik harus menguasai seluruh aplikasi online yang tersedia dalam perangkat
Jawaban: B - Yang bukan merupakan kelebihan menggunakan Padlet dalam pembelajaran adalah
A Proses dan hasil diskusi tercatat dengan jelas dalam Padlet
B Peserta didik dapat memberikan masukan pada kelompok lain kapan saja
C Peserta didik dapat melakukan video call dalam Padlet
D Peserta didik dapat bertukar ide dengan efisien
Jawaban: C - Penggunaan spreadsheet untuk pembelajaran berbasis proyek berfungsi untuk
A Mengkomunikasikan hasil proyek
B Mengolah informasi dan data yang telah dikumpulkan
C Mencari informasi dan literatur terkait proyek
D Membuat media komunikasi visual
Jawaban: B - Menggunakan aplikasi permainan interaktif pada pembelajaran bertujuan untuk
A Mengalihkan perhatian peserta didik dari pelajaran yang membosankan
B Meningkatkan motivasi murid dalam mengikuti pembelajaran
C Memenuhi capaian pembelajaran pada suatu mata pelajaran
D Meningkatkan kesenangan peserta didik pada kegiatan bermain
Jawaban: B - Pernyataan yang tepat mengenai tipe aplikasi terbuka adalah
A Contoh aplikasi terbuka adalah 90moth
B Pengguna tidak dapat menambah kanten dalam aplikasi tersebut
C Pengguna hanya dapat menggunakan konten yang ada dalam aplikasi
D Pengguna dapat mengisi dan memanfaatkan template dosar unhat banyak keperluan
Jawaban: D - Permainan Jeopardy dapat mendukung model pembelajaran kooperatif, yaitu dengan.
A Melibatkan kompetisi di dalam kelompok
B Melibatkan kerja sarna di dalam kelompok masing-masing
C Menjawab pertanyaan yang diberikan guru
D Menggunakan papan permainan
Jawaban: B - MindMeister dapat peserta didik manfaatkan untuk membuat
A Peta konsep
B Buku cerito
C Poster digital
D Portafolio
Jawaban: A - Manfaat dari penggunaan aplikasi tipe visual organizer dalam pembelajaran di kelas adalah
A Membantu peserta didik mengalah data hasil wawancara dan observasi
B Membantu peserta didik berbogi hasil pembelajarannya dengan peserta didik lain
C Membantu peserta didik mendesain poster sebagai produk pembelajaran
D Membantu peserta didik mengekspresikan ide konsep dan menyampaikan makna
Jawaban: D - Romi, murid kelas 5 di SD Bahagia, sedang melakukan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan motivasi membaca murid di sekolah. Data sudah terkumpul dan guru meminta Romi untuk mengolah data tersebut dalam spreadsheet. Setelah memindahkan data ke dalam tabel yang sudah tersedia apa yang selanjutnya dilakukan Romi?
A Memaknai grafik yang sudah terbentuk secara otomatis
B Memindahkan data dari tabel buku catatan
C Mempresentasikan hasit pengamatan di depan kelas
D Melakukan wawancara pada murid SD Bahagia
Jawaban: A - Jika ibu dan Bapak ingin membuat ragam bentuk pertanyaan sesuai dengan kebutuhan belajar di kelas, maka bu dan Bapak bisa menggunakan aplikasi
A Moth Playground
B Quizizz
C Youtube
D 99math
Jawaban: B - Berikut ini yang bukan merupakan manfaat dari pemanfaatan tools online dalam pembelajaran aktif di kelas adalah
A Menggantikan budaya luhur dengan budaya barat
B Meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar
C Meningkatkan mutu pembelajaran
D Melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi
Jawaban: A - Saat membuat media komunikasi visual dalam melakukan pembelajaran berbasis proyek, seluruh peserta didik harus menggunakan tools online yang disarankan oleh guru. Pernyataan tersebut adalah
A Benar, agar dapat meningkatkan literasi digital peserta didik
B Salah, karena menggunakan tools online adalah hal yang sangat sulit
C Benar, agar tidak ada ketimpangan di antara peserta didik
D Salah, kanena setiap peserta didik memiliki cara dan preferensi masing-masing dalam mengkomunikasikan hasil pembelajaran
Jawaban: D - Selain meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar, permainan Jeopardy juga melatih…
A Kompetisi untuk memperagakan suatu gerakan
B Kerja sama dalam menjawab pertanyaan
C Kemampuan berpikir kritis dalam membuat pertanyoon
D Kompetisi untuk menebak gambar
Jawaban: C - Manfat penggunaan aplikasi desain grafis dalam pembelajaran berbasis proyek adalah…
A Membantu peserta didik mencari informasi seputar masalah
B Membantu peserta didik mengolah data hasil wawancara
C Membantu peserta didik memetakan masalah
D Membantu peserta didik membuat media komunikasi visual
Jawaban: C - Mengapa pemanfaatan TIK datam pembelajaran di kelas merupakan hal yang penting saat ini?
A Karena adanya tekanan sosial dari masyarakat dan lingkungan sekitar
B Karena pembelajaran tradisional terlalu membosankan
C Karena adanya tekanan sosial dan masyarakat dan lingkungan sekitar
D Karena kebutuhan zaman dengan perkembangan teknologi yang pesat
Jawaban: D
Penutup:
Demikian “Kunci Jawaban 3.1 Pemanfaatan Tools Online untuk Pembelajaran Aktif (Pintar Kemenag)”, semoga bermanfaat bagi para guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi. Dengan memanfaatkan tools online secara tepat, diharapkan guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan bermakna bagi siswa.