Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya : Herbivora, Karnivora dan Omnivora

Macam-Macam Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya : Herbivora, Karnivora dan Omnivora

Wislahcom / Referensi / : Makanan merupakan kebutuhan pokok untuk bertahan hidup. Bagaimana dengan hewan? Apakah makanan hewan sama? Berapa banyak jenis makanan hewan?

Simak uraian singkat tentang : Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivora), Hewan Pemakan Daging (Karnivora) dan Hewan Pemakan Segala (Omnivora).

Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivora)

Hewan pemakan rumput, daun-daunan, biji-bijian, dan buah-buahan dapat digolongkan sebagai hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora. Hewan herbivora memiliki bentuk permukaan gigi geraham berukuran lebar dan bergerigi. Gigi geraham pada herbivora memiliki banyak bubungan (bagian puncak gigi) agar dapat digunakan untuk menggiling sejumlah rumput dan dedaunan yang keras. Gigi geraham berguna untuk mengunyah atau menggilas makanan. Gigi seri dan gigi taring yang digunakan untuk memotong makanan terletak di bagian rahang bawah. Hewan yang termasuk herbivora adalah:



  • Herbivora pemakan rumput antara lain domba, kambing, jerapah, burung betet, sapi, kuda, kerbau, kijang, gajah, dan kelinci. Selain memakan dedaunan, kelinci juga memakan umbi, misalnya wortel.
  • Herbivora pemakan biji-bijian antara lain burung pipit, kakaktua, dan merpati. Burung-burung ini memakan biji padi dan jagung.
  • Herbivora pemakan buah antara lain burung beo dan jalak. Burung-burung ini suka memakan buah pepaya dan pisang.

Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

Kelompok hewan pemakan daging atau pemakan hewan lain disebut karnivora. Hewan karnivora memiliki bentuk permukaan gigi geraham yang berlekuk-lekuk tajam. Hewan karnivora memiliki gigi geraham khusus untuk mengunyah daging dengan sisi rahang ujung gigi saling bertemu seperti pisau, gunting. Fungsi gigi geraham adalah untuk mengerat dan menghancurkan makanan. Gigi serinya kecil-kecil dan tajam, fungsinya untuk menggigit dan memotong makanan. Gigi taringnya panjang, besar, dan runcing. Gigi taringnya berguna untuk mengoyak mangsanya.

Hewan pemakan daging biasanya mencari makanan dengan cara memburu mangsanya. Mereka termasuk pemburu yang aktif. Hewan karnivora memiliki indra penglihat, pendengar, dan penciuman yang bagus sehingga mereka dapat memperdaya mangsanya. Hewan yang termasuk karnivora adalah:

  • Bangsa binatang buas (harimau, singa, dan serigala).
  • Bangsa reptil (buaya, ular, komodo, dan biawak).
  • Bangsa burung (elang).
  • Bangsa ikan (hiu dan arwana).

Hewan Pemakan Segala (Omnivora)

Hewan pemakan tumbuhan dan daging disebut omnivora. Hewan omnivora memiliki bentuk gigi yang merupakan gabungan dari bentuk gigi hewan herbivora dan karnivora. Gigi geraham omnivora berguna untuk melumatkan makanan, gigi serinya untuk memotong, dan gigi taringnya untuk mengerat makanan. Hewan yang termasuk omnivora adalah musang, beruang, ayam, itik, tikus, dan lain-lain.

.

Related posts