Ide Pokok dan Ide Pendukung, Pengertian dan Contoh (Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SD/MI Bab 4) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Keragaman Aktivitas Ekonomi Masyarakat, Proses Geografis, Pemanfaatan Lingkungan dan Perdagangan Antarpulau (Rangkuman Materi IPS SMP/MTS Kelas 8 Bab 2) Kurikulum Merdeka

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SD/MI Bab 4 | Kurikulum Merdeka | Ide Pokok dan Ide Pendukung | Pengertian Ide Pokok dan Ide Pendukung | Contoh Ide Pokok dan Ide Pendukung |

Pengertian Ide Pokok dan Ide Pendukung

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah hal utama yang ingin disampaikan. Karena itu, ide pokok juga disebut gagasan utama atau pikiran utama. Ada ide pokok paragraf dan ada ide pokok tulisan.

Ide pokok suatu paragraf biasanya dapat kita baca di dalam salah satu kalimat di paragraf tersebut. Sementara, ide pokok suatu teks utuh biasanya tidak tertulis begitu saja. Karena itu, untuk memahami ide pokok teks utuh, kita harus membaca semua paragraf. Dengan melihat hubungan ide pokok satu paragraf dengan paragraf lainnya dalam suatu tulisan, kita bisa mengetahui ide pokok tulisan tersebut.

Baca Juga :   Kalimat Transitif dan Kalimat Intransitif, Pengertian dan Contoh (Rangkuman Materi Bahasa Indonesia SD/MI Bab 1) Kurikulum Merdeka

Pengertian Ide Pendukung

Ide pendukung atau gagasan pendukung adalah informasi tambahan yang menjelaskan ide pokok. Karena itu, ide pendukung sering pula disebut sebagai ide penjelas.



Contoh Ide Pokok dan Ide Pendukung

Dikenal karena Menari

Indonesia memiliki banyak sekali budaya, khususnya tarian. Taritarian itu menjadi ciri khas suatu daerah. Berikut ini dihimpun lima desa yang terkenal dengan ciri khas tarian dan para penarinya.

Desa pertama adalah Desa Oleh sari di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terkenal dengan tari seblang. Tarian yang dilakukan setiap tahun ini diyakini untuk menghindarkan desa dari bahaya. Penarinya biasanya wanita dewasa yang wajahnya ditutupi daun kelapa. Penari memperagakan kegiatan membajak sawah sambil menggendong boneka mengikuti irama musik.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C) Kurikulum Merdeka



Desa kedua adalah Desa Cempaga di Bali dengan tari baris. Tari ini dibawakan oleh laki-laki dewasa. Gerakannya menirukan pemuda gagah berani yang menerjang medan perang. Tari baris dibedakan menjadi dua berdasarkan jumlah penarinya. Tarian yang dibawakan seorang penari disebut tari jojor. Sementara tarian yang dilakukan berkelompok disebut tari dadap.

Paragraf 1

Ide Pokok : Berikut ini dihimpun lima desa yang terkenal dengan ciri khas tarian dan para penarinya.

Ide Pendukung : Indonesia memiliki banyak sekali budaya, khasusnya tarian. Tari-tarian itu menjadi ciri khas suatu daerah.

Paragraf 2

Ide Pokok : Desa pertama adalah Desa Oleh sari di Banyuwangi, Jawa Timur, yang terkenal dengan tari seblang.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A) Kurikulum Merdeka

Ide Pendukung : Tarian yang dilakukan setiap tahun ini diyakini untuk menghindarkan desa dari bahaya. Penarinya biasanya wanita dewasa yang wajahnya ditutupi daun kelapa. Penari memperagakan kegiatan membajak sawah sambil menggendong boneka mengikuti irama musik.

Paragraf 3

Ide Pokok : Desa kedua adalah Desa Cempaga di Bali dengan tari baris.

Ide Pendukung : Tari ini dibawakan oleh laki-laki dewasa. Gerakannya menirukan pemuda gagah berani yang menerjang medan perang. Tari baris dibedakan menjadi dua berdasarkan jumlah penarinya. Tarian yang dibawakan seorang penari disebut tari jojor. Sementara tarian yang dilakukan berkelompok disebut tari dadap.

Baca Kumpulan: Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 4 SD




Related posts