Hadis Tentang Sepuluh Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah, Sanad & Matan, Arti Kosa Kata, Terjemahan dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Tahammul al-Hadis, Pengertian, Syarat-Syarat dan Metode




Hadis Tentang Hari Pertama  di Bulan Dzulhijjah | Sanad & Matan Hadis Tentang Hari Pertama  di Bulan Dzulhijjah | Arti Kosa Kata Hadis Tentang Hari Pertama  di Bulan Dzulhijjah | Terjemahan Hadis Tentang Hari Pertama  di Bulan Dzulhijjah | Isi Kandungan Hadis Tentang Hari Pertama  di Bulan Dzulhijjah |

Sanad & Matan Hadis Tentang Hari Pertama  di Bulan Dzulhijjah

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ قَالَ: ((مَا الْعَمَلُ فِى أَيَّامِ الْعَشْرِ أَفْضَلَ مِنَ الْعَمَلِ فِى هَذِهِ)). قَالُوا: وَلاَ الْجِهَادُ؟ قَالَ: ((وَلاَ الْجِهَادُ، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ بِشَىْءٍ)) (رواه البخاري)

Baca Juga :   Surat Al Hujarat Ayat 10, Bacaan, Arti Perkata (Mufrodat), Terjemahan, Kandungan, Tafsir dan Asbabun Nuzul


Arti Kosa Kata Hadis Tentang Hari Pertama  di Bulan Dzulhijjah

jihad di jalan Allahالْجِهَادُtidak ada amal ibadahمَا الْعَمَلُ
diriبِنَفْسِهِsepuluh hari pertama dari bulan Dzulhijjahفِى أَيَّامِ الْعَشْرِ
dan hartanyaوَمَالِهِlebih utamaأَفْضَلَ

Terjemahan Hadis Tentang Hari Pertama  di Bulan Dzulhijjah

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah Saw bersabda: “Tidak ada amal ibadah yang lebih utama selain yang dikerjakan pada sepuluh hari ini (maksudnya sepuluh hari pertama dari bulan Dzulhijjah)”. Para sahabat bertanya: “Apakah sekalipun jihad di jalan Allah?”. Rasulullah Saw menjawab: “Sekalipun dari jihad. Kecuali seseorang yang keluar untuk berjihad dengan diri dan hartanya, lalu tidak ada sedikit pun yang pulang dari padanya” (HR. Bukhari).

Baca Juga :   Ayat Ayat Al Quran Tentang Guru


Isi Kandungan Hadis Tentang Hari Pertama  di Bulan Dzulhijjah

Isi kandungan dalam hadis ini adalah : Rasulullah Saw menjelaskan bahwa apapun ibadah yang dilakukan pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, ia adalah paling utama dan dalam riwayat lain dari Imam Turmudzi: paling dicintai oleh Allah. Bahkan, pahalanya sangat besar, mengalahkan pahala jihad sekalipun. Hal ini, karena ibadah tersebut dilakukan pada waktu yang dimuliakan oleh Allah.








Related posts