Aplikasi Perkantoran, Pengertian dan Komponen Aplikasi (Rangkuman Materi Informatika SMP/MTS Kelas 7 Bab 3) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Salat Gerhana, Pengertian, Ketentuan dan Tata Cara (Rangkuman Materi PAI SMP Kelas 8 Bab 4) Kurikulum Merdeka

Rangkuman Materi Informatika SMP/MTS Kelas 7 Bab 3 | Kurikulum Merdeka | Aplikasi Perkantoran | Pengertian Aplikasi Perkantoran | Komponen Aplikasi Perkantoran |

Pengertian Aplikasi Perkantoran

Aplikasi perkantoran adalah kumpulan aplikasi/perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi ini umumnya dibundel dan didistribusikan bersama-sama, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan hasil dari satu aplikasi dapat diintegrasikan dengan yang lain.

Komponen Aplikasi Perkantoran

Sejarah Perangkat Lunak Pengolah Kata

Pengolah kata adalah aplikasi yang berkembang dari evolusi mesin mekanis. Sejarah pengolah kata adalah cerita tentang otomatisasi bertahap dari aspek fisik penulisan dan penyuntingan, yang kemudian berkembang menjadi teknologi yang disempurnakan bagi perusahaan maupun individu. Sepanjang sejarah, ada 3 jenis pengolah kata: mekanik, elektronik, dan perangkat lunak.

Pengolah Kata Mekanis

Perangkat pengolah kata pertama yang serupa dengan mesin tik dipatenkan oleh Henry Mill untuk mesin yang mampu “menulis dengan sangat jelas dan akurat sehingga kita tidak dapat membedakannya dari mesin cetak”. Pada akhir abad ke-19, Christopher Latham Sholes menciptakan mesin tik pertama dengan ukuran besar, yang digambarkan sebagai “piano sastra”.

Baca Juga :   Bani Umayyah di Damaskus, Sejarah, Peradaban dan Nilai (Rangkuman Materi PAI SMP Kelas 7 Bab V) Kurikulum Merdeka


Pengolah Kata Elektromekanis dan Elektronik

Pada akhir 1960-an, IBM mengembangkan mesin ketik elektromekanis/elektrik yang disebut IBM MT/ST (Magnetic Tape/Selectric Typewriter). Model mesin ini dikembangkan dengan fasilitas perekaman dan pemutaran pita kaset magnetik, pengendalian dan kumpulan relai listrik. Mesin ini memiliki pembungkus kata otomatis walaupun tidak memiliki layar. Perangkat ini adalah revolusi di industri pengolah kata karena memungkinkan penulisan ulang teks yang telah ditulis di kaset lain dan kita dapat berkolaborasi dengan mengirim rekaman ke orang lain untuk disunting atau disalin. Pada tahun 1969, kaset itu diganti dengan kartu magnetik. Kartu magnetik ini mampu digunakan untuk merekam pekerjaan penyuntingan yang selanjutnya dapat dibaca dan disunting.

Baca Juga :   Download Buku Siswa PAI SMP / MTS Kelas 7, 8, 9 Kurikulum Merdeka



Pada awal 1970-an, pengolah kata kemudian berkembang menjadi berbasis komputer dengan beberapa inovasi (meski hanya dengan perangkat keras khusus). Saat yang hampir bersamaan, sistem pengolah kata dengan peng editan tampil an layar CRT dirancang dan IBM memproduksi loppy disc. Pada tahun 1978, Lexitron Corporation menjadi peru sahaan pertama yang mencipta kan komputer dengan pengolah kata dengan layar tampilan video berukuran penuh (CRT), loppy disc berukuran 5 1⁄4 inci, yang menjadi standar di bidang komputer pribadi. Untuk mengoperasikannya, disket program dimasukkan ke dalam satu drive dan sistem di-boot. Disket data kemudian dimasukkan ke dalam drive kedua. Sistem operasi dan program pengolah kata digabungkan dalam satu file.

Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perkembangan terakhir pengolah kata lahir dengan munculnya komputer pribadi (PC) pada akhir 1970-an dan dengan penciptaan perangkat lunak pengolah kata pada tahun 1980-an. Perangkat lunak pengolah kata tersebut memiliki itur yang kompleks dan dapat dikembangkan dengan harga yang murah. Hal tersebut membuatnya lebih dapat diakses oleh publik. Awalnya, sebagian besar perangkat lunak pengolah kata awal mengharuskan pengguna menghafal kombinasi tombol semi-mnemonik seperti Ctrl-C, Ctrl-P, dan lainnya untuk melakukan task tertentu. Tidak dengan menekan tombol seperti “copy”, “paste”, “bold”, dan lainnya seperti yang sekarang kita lakukan.

Baca Juga :   Tabayun, Pengertian, Teknik dan Manfaat (Rangkuman Materi PAI SMP Kelas 7 Bab VIII) Kurikulum Merdeka

Namun, pada akhir 1980-an muncul inovasi printer laser, dan pendekatan antarmuka untuk pengolah kata yang disebut WYSIWYG – “What You See Is What You Get” yang merupakan antarmuka grais atau Graphical User Interface (GUI). Teknologi ini makin banyak digunakan, dan karena popularitas yang makin meningkat dari sistem operasi Windows pada 1990-an, kemudian membawa Microsoft Word, pengolah kata buatan Microsoft, mendominasi pasar pengolah kata hingga sekarang.




Related posts